2014/08/12

Apakah hidup tidak adil?

Terkadang kita acap berpikir bahwa rasanya hidup ini tidak adil. Jutaan pertanyaan “kenapa” selalu melintas di kepala kita saat momen musibah atau tekanan datang. Kenapa gua ga sehebat dia prestasinya? Kenapa gua ga secakep dia mukanya? Kenapa gua jomblo? Kenapa gua ga sekaya dia? Kenapa harus gua yg ngerjain tugas2 kelompok ini? Kenapa sih bokap nyokap gua udh wafat aja? Kenapa gua ga bisa sealim dia? Kenapa dan mengapa harus gua banget yg ngalamin semua ini?

Ya, mungkin memang sifat hati manusia yg memungkinkan semua pertanyaan di atas muncul. Hidup ini memang tidak seindah yg kita inginkan. Tapi hidup juga tidak seburuk yg kita pikirkan. Ada banyak hal yg bisa kita syukuri pada Allāh. Cobalah tengok saudara/i kita di Palestina sana, kurang mengerikan apa hidup yg mereka alami? Rudal rudal dari zionis Israel dapat menghunjam detik kapan pun. Makanan dan obat2an sangatlah terbatas karena blokade. Benar, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur disini bisa internetan chatting ketawa ketiwi. Alḥamdulillāh.

Pernah berpikir klo nanti di akhirat bakalan masuk neraka karena dosa yg numpuk banget? Harusnya sih pernah ya. Udh dapet hidup yg ga adil dan berantakan, masa hidup di akhirat juga sengsara. Sedih amat diri gua.Tapi jgn sedih bgt juga, ternyata ada byk cara u/ menjauhi neraka dan menuju surga-Nya.
  • Bacalah tiap setelah shalat fardhu; (Referensi Imam Masjid Lokal; disadur dari hadits2 shahih / hasan)
  1. Allahumma a'inna 'ala dzikrika wa syukrika wa khusni 'ibadatika 3x
  2. Ayat Kursi
  3. Dzikir (Tasbih- Subhanallah 33x, Tahmid - Alhamdulillah 33x, Takbir - Allahu Akbar 33x, Tahlil - Laa ilaha illalah 1x)
  • Mintalah agar diberikan (mati) Syahid (Referensi Imam Masjid Lokal; disadur dari hadits2 shahih/hasan)
Orang yg mati syahid dijamin masuk surga oleh Allah. Meskipun kita berhalangan untuk jihad melawan kaum kafir, kita tetap bisa diberikan mati syahid. Tinggal berdoa, "Allahumma inni as-aluka syahadatan fii sabilika wa mautan fii baladan habibika" dan Allah akan memberikan syahid meskipun kita meninggal di atas kasur sendiri.
  • Shalat jamaah di masjid
...  andai mereka mengetahui kelebihan yang ada pada Shalat Isya dan Subuh (berjamaah), tentu mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak. (H.R. Bukhari Muslim)
Dari utsman bin Affan RA , Nabi SAW bersabda : Siapa shalat isya berjamaah maka seolah –olah ia telah bangun (qiyamul-lail/shalat tahajud) separuh malam. Dan siapa ygn shalat shubuh berjamaah, seakan-akan telah shalat pada seluruh malam. (H.R. Muslim).
  • Puasa Ramadhan & puasa Syawal
"Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun."
(H.R An-Nasa'i dan Ibnu Majah dan dicantumkan dalam Shahih At-Targhib).
  • Puasa Sunnah
Barangsiapa yang berpuasa sehari karena Allah, maka Allah akan menjadikan antara ia dan neraka parit yang jauhnya antara langit dan bumi. [Sunan Tirmidzi: Disahihkan oleh syekh Albaniy]
Barangsiapa yang berpuasa sehari karena Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh 70 tahun perjalanan. [Sahih Bukhari dan Muslim]

Tuh kan, kurang baek apa coba Allah ? Udh sering dilupain sama kita, tapi masih aja ngasih banyak jalan untuk kembali pada-Nya. Alhamdulillah. Ga ada tuh yg namanya php dan mood2an klo Allah mah, ga kyk si doi. Badai pasti berlalu. Surga bisa dicapai, insyaAllah. Dan jika tidak ada bahu untuk bersandar, selalu ada lantai untuk bersujud.

Jadi, hidup nya adil atau engga? Semoga bermanfaat.

No comments: