2014/09/23

Top 10 Animes + Lessons [Recommendation]

*bersihin debu
Kembali lagi bersama gua di blog yg super gajelas ini. Kali ini gua mau sharing ttg hobi gua yg suka nonton anime (kartun jepang). Kenapa posting ginian? Karena saya telah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan bahasa Indonesia. #wow sombong amat kaka. Ya kalo kepaksa aja ngemeng pk bahasa indonesianya, pgn fokus bhs jepang + inggris. Apa hubungannya ama posting? Ya kan blog ini isinya pake bahasa Indonesia, ceritanya perpisahan ama blog untuk gatau sekian lamanya...

Kenapa sih suka bgt anime? Oh makasih ya udh kepo, jd gua nonton anime sekalian belajar bahasa jepang. dan juga dari anime ini byk bgt pesan moral yg bisa diambil. Haha alesan gua bisa amat yak, aja pgn nonton doang juga wkwk. Dari ribuan episode anime yg udh gua tonton, inilah anime2 dgn episode paling mengesankan. Oke mulai ke rekomendasi + ceritanya!

 

1. SHINGEKI NO KYOJIN a.k.a Attack on Titan (ISAYA Hajime) ~ Humanity
Masterpiece. 11 out of 10. haha lebay. Anime ini sungguh menegangkan atawa emosional setiap episode nya. Mengapa bisa begitu? Because HUMANITY IS AT STAKE! Ya, kemanusiaan/ras homo sapien dalam bahaya besar. Sinopsis: Bisa baca di wikipedia ato Shingeki no Kyojin Wikia #haha males nulis. Intinya, manusia sejak dahulu menjadi 'santapan' bagi titan alias raksasa. Untuk itu ras manusia 'mengurung diri' dalam suatu area remote yg dibatasi oleh tembok raksasa. Konfllik yg ditimbulkan di dalam dan di luar tembok raksasa sungguh membuat jantung berdebar debar, dan juga banyak rahasia-rahasia yg terselip dalam setiap plot. Kita bisa liat gimana kondisi ras ini jikalau terpojok dalam suatu kondisi superkritis sebagaimana tergambar dalam anime ini. Terpecah dalam bebeapa kubu yg sangat minim kepercayaan satu sama lain. Dan juga kita diingatkan meskipun betapa pun lemahnya ras manusia, tetaplah kita harus optimis, tidak ada usaha  yg sia sia.... Pokoknya gaseru kalo gua beberin di sini ceritanya, kalo belon nonton SnK namanya belon nonton anime sama sekali deh!



2. TOKYO GHOUL a.k.a Tokyo Kushu (ISHIDA Sui) ~ Discrimination
Superb. 10 out of 10. Anime terbaik saat (dibuatnya tulisan) ini. Anime ini sedikit menggambarkan kehidupan gua sekarang #sugesti. Ya, gua yg sedang merantau di negeri sekuler sedikit merasakan kemiripan antara tokoh utama dhn diri gua sendiri. Kembali ke anime ini, diceritakan seorang anak manusia yg tibatiba berubah menjadi seorang ghoul. Ghoul memiliki penampilan sama seperti manusia tetapi memiliki bbrp fitur yg berbeda, khususnya ghoul hanya bisa mengambil nutrisi dari manusia alias memakan daging/tubuh manusia. Para ghoul dianggap sebagai musuh besar kemanusiaan, yg menyebabkan konflik antara kedua pihak. Padahal tokoh utama anime ini berkeyakinan bahwa ghoul dan manusia bisa hidup damai bersama-sama. Ya, manusia tidak seharusnya mendiskrimnasi manusia lainnya hanya karena sedikit perbedaan, apalagi sampai menumpahkan darah sesama. bagi yg baca manga nya, mungkin agak kecewa dengan ending+rushing nya tapi buat yg gabaca manga nya sadap abis lah ini.



3. ZANKYOU NO TERROR a.k.a Terror in Resonance ~ Technology
Awesome. 10 outta 10. Anime non fantasy terbaik menurut gua. Menggunakan setting teknologi masa kini seperti smartphone, youtube, kamera CCTV, amazon, dll, anime ini sungguh terasa dekat alias mudah membawa kita terjun ke dalamnya. Tema yg diangkat juga menegangkan, terorisme. Diceritakan dua jenius yg merupakan 'tikus percobaan' yg berhasil bertahan hidup kemudian meneror kota Tokyo dgn motif yg sampai saat ini belum terlalu jelas. Anehnya, tidak ada sama sekali korban jiwa dalam teror2 yg dilakukan dua jenius ini. Dua jenius ini menggunakan media youtube untuk memberitahukan bahwa mereka akan meledakkan bom jika kepolisian tidak bisa memcahkan teka-teki yg mereka buat. Konyol tapi seru. Bom yg digunakan adalah rakitan tangan! Gak sadar teknologi ternyata begitu canggih bisa kita jangkau dan sangat bermanfaat, jika ada kemauan; bahkan melawan sebuah negara pun bisa. Eh tapi jangan ngebom juga kali~~ ^^



4. GOLDEN TIME (TAKEMIYA Yuyuko - KOMATSU Eeji) ~ Moving on
Lovely. 10 out of 10. Favorit gua karena non fantasy sama setting anak kuliahan. Diangkat dari sebuah novel ringan, anime ini sungguh menghanyutkan. Tema romance+campus sgt familiar buat gua. Ceritanya ada seorang remaja lelaki yg terkena amnesia kemudian memulai hidup baru lalu bertemu+pacaran dgn gadis kece badai. Di kampus itu juga dia bertemu dgn kaka kelas cantik yg entah kenapa sgt bagus 'chemistry' nya padahal baru 'pertama kali' berjumpa. Ternyata kaka kelas itu adalah bekas pacarnya, WOW!.Siapakah yg pada akhirnya dipilih oleh lelaki tersebut??? Move on lah bro, you can't start a new chapter in your life if you keep re-reading the previous chapters. Pokoknya Plot2 seru a la anak kampus membumbui anime ini dengan mengocok perut + mengucurkan air mata!



5. NORAGAMI (ADACHI-TOKA) ~ Loyalty
Unique. 9 dari 10. Menggambarkan gimana sih sistem agama di jepang dengan cara yg unik. Banyak dewa dalam kepercayaan Shinto. Ya, satu kuil shinto (shrine) dibuat untuk satu dewa. Diceritakan bahwa dewa-dewa tersebut akan punah alias 'mati' jika tidak ada yg mengingat/berdoa pada mereka. Salah satu dewa yg terancam punah adalah tokoh utama anime ini. Dewa yg satu ini agak nyentrik. Ganti profesi dari dewa 'malapetaka' jadi dewa 'servis'. Dewa servis ini bertemu dgn gadis SMA yg bisa melihat 'alam gaib'. Dewa servis ini juga mempunyai 'ajudan' yg relatif muda. Cerita di antara mereka bertiga menggambarkan bagaimana kita harus loyal; menghargai dan mengingat orang yg pernah berjasa/berarti dalam kehidupan kita. Jika tidak ada keloyalan orang yg berarti tersebut bisa saja menghilang ataupun tersakiti; di anime ini digambarkan bahwa dewa ini akan 'mati' jika tidak ada seorang manusia pun yg mengingatnya dan akan 'tersiksa' jika ajudannya berbuat dosa.



6. DEATH NOTE (OOBA Tsugumi) ~ Trickster
Thrilling. 9 dari 10. Menegankgan. Kaga bisa tenang kalo nonton anime ini. Meskipun tema utama adalah perang ide ttg 'sense of justice', gua lebih kena dgn bagian saling menipu/outsmart org lain. Ceritanya buku 'death note' (yg biasa digunakan oleh dewa kematian untuk menulis daftar org yg akan mati) jatuh ke dunia manusia dan diambil oleh seorang remaja cerdas. Terbawa oleh 'sense of justice' nya, remaja tsb menggunakan death note untuk 'membunuh' para kriminal2. Dgn death note itu dia juga bisa melakukan byk trik yakni 'mengontrol' org yg akan segera mati sesuai keinginannya. Muncullah satu 'detektif' jenius yg juga memiliki sense of justice nya sendiri dan 'berperang' dgn remaja tsb, tentu saja dgn cara saling mengelabui satu sama lain. Ya, kita harus berfikir out of the box; memiliki trik2 jitu jika ingin ide/mimpi kita diakui/terpenuhi. Dalam aktualisasi mimpi kita, tentu bakalan ada rival, bahkan musuh bebuyutan. Tapi yakinlah jika ide kita yg benar, disupport dgn trik yg tepat, maka kejayaan akan jadi milik kita.



7. K-ON!! a.k.a Keion (Kakifly) ~ Music
LOL. 8 dari 10. Lucu. Mungkin bukan anime paling lucu tapi karena ada genre music+friendship nya jd pantes masuk sini. Diceritakan 5 bocah SMA khusus perempuan tergabung dalam 'Light Music Club'. Yap, mereka main band. Karakter vokalis yg periang+suka makan, bassist yg pemalu+populer, drummer yg tomboy+ngasal, keyboardist yg borju+aneh, dan gitaris yg imut+rapi, mengingatkan kita geng temen main kita yg begitu variatif. Apapun yg sedang kita rasakan di hidup ini, bisa disalurkan melalui musik; music is what makes this life less painful. Ya tapi ini lebih fokus ke lawakan daripada musik sih haha. Meskipun bakalan kadang air mata jatuh di suatu titik (seperti harus berpisah dengan teman dekat di anime ini), pokoknya enjoy your life lah, with music of course haha. Oiya anime ini ada dua season loh, movie nya jg ada



8. GUILTY CROWN (YOSHINO Hiroyuki) ~ Responsibility
Great. 8 dari 10. Dari judulnya aja udh ketauan klo pembuat cerita ini pgn menekankan tanggung jawab. Jadi di anime ini tokoh utamanya 'gak sengaja' mendapatkan kekuatan super; dan dia 'terpaksa' buat mengikuti gerakan pemberontakan.  Lebih lanjutnya silakan saksikan sendiri. Mungkn kita sering berpikir, kenapa sih gua yg dapet tanggung jawab ini?? Pas bgt lah anime ini. Semakin besar kemampuan yg kita miliki, semakin besar pula tanggung jawab yg harus diemban. Gak ada yg namanya kebetulan ataupun keberuntungan ataupun kesialan. Semuanya adalah takdir. Dan kita juga yg bisa mengubah takdir diri kita sendiri. Ohiya, anime ini soundtrack nya bagus bagus bgt! Ga kalah sama ost nya anime SnK ato K-ON!



9. HYOUKA (Honobu Yonezawa - Shoji Gato) ~ Laziness
Excellent. 7 dari 10. Gua suka bgt sama pemikiran tokoh utama anime ini. Reservasi Energi alias males. Ya, cowo SMA ini diceritakan sangat mager. Cowo ini bertemu dgn anak cewe yg sangat mudah penasaran terhadap segala macem misteri. Tema utama anime ini sebenernya detektif2 gitu deh. Si anak cowo yg males ini terpush sama anak cewe yg kepo abis itu untuk memecahknan misteri2 yg muncul di sekolah mereka. Nah karena kemalesannya yg sangat sangat, anak cowo ini jd sangat jago dalam memecahkan misteri; hanya agar dia bisa segera terbebas dari dorongan kekepoan anak cewe tsb dan bisa kembali bermalas2an. Ya, kita harus mengambil sisi positif dari kemalasan pria, berfikir dan bekerja lebih efektif & efisien. Gimana lagi, kyknya gada deh laki2 yg rajin (klo rajin cari nafkah sih kewajiban neng; beda topik ama ini).



10. ANGEL BEATS! (MAEDA Jun) ~ Communication
Very goood. 7 dari 10. Sungguh mengagetkan di bagian akhirnya. Ceritanya mengambil setting di dunia setelah kematian. Di dunia itu para tokoh akan terus hidup kembali meskipun dibunuh berkali kali. Jadi ada dua kubu yg saling berkonfrontasi; satu kubu adalah brigade tentara anak sekolahan dan satu kubu lainnya adalah hanya satu orang yg sangat imba (bahkan disebut malaikat di anime ini). Pertumpahan darah terjadi berkali-kali. Dan yg mengejutkan miskomunikasi alias salah paham adalah penyebab utama pertempuran antara dua kubu tsb. Ya, dua pihak yg sedang dalam konflik pada umumnya hanya butuh komunikasi yg baik; tuturkan semuanya dgn jelas, jgn sampai bikin pihak lain mispersepsi. Rasanya tidak ada guna penyesalan jika akibat buruk konflik sudah terjadi.

HONOURABLE MENTIONS:
Tokyo Ravens ~ Sacrifice
7/10. Gak ada yg gratis di dunia ini. Pengorbanan pasti dibutuhkan.
Steins;Gate ~ Time
7/10. Waktu. Seberapapun besar usaha kita untuk mengubah masa lalu; impossible.
Mirai Nikki ~ Love
6/10. Kita harus siap berpisah dgn orang yg kita cinta; tentu saja setalah kita mengusahakan cinta itu sampai mati. 
Ao no Exorcist ~ Family
6/10. Keluarga adalah orang-orang yg paling dekat dengan diri kita; ya, bahkan diikat oleh aliran darah.
Code Geass: Lelouch of the Rebellion ~ Revenge
6/10. Tidak ada salahnya menjadikan balas dendam sebagai driving power. Contohnya dendam terhadap setan dari golongan jin dan manusia.

Yap sekian postingan gua. Semoga bisa menikmati anime anime di atas dan juga mengambil pelajaran agar bisa menjadikan hidup lebih baik, amin. Okedeh blog ku yg tercinta dadah ya jgn sampe melapuk ya sebelum gua posting bhs indonesia lagi nanti kapan insyaAllah. Pindah ke sini (full japanese or english)


No comments: