2013/09/11

First Semester in Nagoya University

Yatto.. Gua sempetin buat tulisan tentang kuliah gua semester satu kemaren di Jepang, Nagoya University. Siapa tau berguna kan, sekalian curcol
Rasanya gua harus kenalin diri dulu. Muhammad Irfan, lulusan MAN Insan Cendekia Serpong, sekarang ngambil jurusan Automotive Engineering dengan spesialisasi Electrical and Electronic Engineering and Information Engineering di Nagoya University. Bingung? Search aja mobil hybrid dan itulah produk nyata jurusan gua.
Jadi semester pertama kemaren gua ngambil 33 kredit bros, mungkin kalo di tanah air disebut SKS, tapi ini dijamin beda kok. mo tau apa aja langsung dah cek aja




  1. Bahasa Jepang I: Matkul buah simalakama. Absensi punya porsi 40% disini bros, lucu bener. Bersama dengan Budaya jepang I, kedua matkul ini bernilai 6.0 kredit. Materi termasuk seru, gampang, gausah mikir, tinggal hapalin bentar. Cuma pr nya aja agak ngeselin tiap hari ada. Dosen killer sekaligus paling menarik, maksudnya dia berusaha keras biar para mahasiswa ngerti, meskipun mereka harus begaya seperti guru TK pun mereka lakuin. Salut sih gua. Nah ble'e nya gua suka bablas di pelajaran ini. Gua sering banget gamasuk gara2 ketiduran ato gaenak body. Alhasil dapetlah gua nilai B.
  2. Budaya Jepang I: bersama dengan Bahasa Jepang I membangun mimpi buruk gua. Berisi kuis dan review tentang materi yg dipelajarin di Bahasa Jepang I. Dosen lebih baek, sama berusaha keras juga biar pada ngerti. Yatapi karena sering gamasuk gua dapet C.
  3. Aljabar Linear I: Salah satu matkul kesukaan gua, materi nya menarik, dan ga berat2 amat (udh pernah belajar di Aliyah dulu). Dosen jenius dan penyampaiannya juga lugas serta cepet, tak menyisakan waktu buat gua nyatet (emg gapernah nyatet). Di ujian akhir gua kepeleset dan gadapet S deh ^^a
  4. Dasar Fisika I: Matkul dengan dosen berlogat singlish ini kurang disukai anak2 meskipun baek, ngasih kita make-up test buat mid-term. Gimana engga, materi yang diajarin di kelas, PR, dan test semuanya gada yang nyambung. Bingung dah pokoknya
  5. Dasar Fisika II: Matkul paling killer di semester ini. Setiap kuliah cuma ngejelasin teori yang dipautkan dengan teori2 kontemporer. Alhasil ada beberapa temen gua yg fail.
  6. Tutorial Fisika Dasar I: tutorial yang menjadi beban. Setiap mulai tute kita harus ngerjain kuis yg bobotnya gede banget jadi nilai matkul ini. Bukannya membantu malah bikin kita pusing.
  7. Perkenalan Teknik Otomotif: INI DIA KULIAH BRO! Semua handout nya gua simpen rapi dan gua highlight isu2 pentingnya. Matkul ini ngedatengin instruktur langsung dari Toyota, Denso, Aisin, dkk. Secara, Nagoya dikelilingi perusahaan2 otomotif itu. Ya meskipun terbatas kendala bahasa (instruktur jelasin pake bahasa jepang), alhamdulillah banget ada temen gua yg lancar bahasa jepang-inggris. Dari matkul ini gua lumayan ngerti machine assemble dan kerja sistem mobil, mulai dari braking, transmission, ignition, dkk. Yang lebih mantep lagi gua jadi paham konsep hemat energi yang diusung mobil hybrid (Hybrid Vehicle) dan listrik (Electric Vehicle).
    Dan tuntutannya pun gabanyak, kita cuma dateng, merhatiin, nanya, dan assemble-disassemble bagian mobil. Alhamdulillah semua anak jurusan oto dapet grade S. Matkul ini meyakinkan gua ga salah ngambil jurusan oto.
  8. Software Komputer I: Standar. Dosen dengan logat japanese yg lumayan. Gua engga belajar apa-apa dari matkul ini karena alhamdulillah gua udh ngerti pemrograman dasar. Ohiya bahasa pemrograman yang digunain C.
  9. Seminar Tahun Pertama: Berguna. Skill komunikasi (akademik-formal) publik gua dilatih dengan presentasi 2 minggu sekali. Kita dilatih berpikir kritis dan ga malu ngungkapin opini kita. Di sini lah gua ketemu dosen favorit gua. Dia dari US dan nyambung banget klo ngobrol ama gua.
  10. Dasar Kimia I: Ga mendidik gua. Dilecturin oleh dosen yg sama dengan Seminar Tahun Pertama, cuma itu aja yg memotivasi gua dateng ke kelas. Smua materinya sama kayak di Aliyah dulu.
  11. Bioteknologi: Too crowded. Matkul ini diisi dengan pertanyaan omongkosong dr beberapa anak. Ya di kelas ini anak engineering, science, ama social digabung.
  12. Pemikiran Independen dan Pengambilan Keputusan: Kelas motivasi. Dosen favorit gua karena selalu bisa menggenjot semangat gua kuliah di awal kedatangan gua di Jepang. Meskipun pada akhirnya gua dapet C karena kemampuan nulis english essay gua yang parah, gua bersyukur banget bisa belajar banyak dari kelas ini.
  13. Kalkulus I: Matkul yang paling ditakuti anak2. 50% lebih anak tahun lalu fail matkul ini. Teori tergolong susah, memutar otak, mengharuskan gua belajar dan mengambil catatan. Alhamdulillah test nya lumayan konseptual.
  14. Tutorial Matematika: lebih mendingan daripada physic tute. Tapi tetep wasting time sih menurut gua karena kita cuma review dan bahkan nambah konsep buat Kalkulus I.
  15. Pendidikan Kesehatan dan Olahraga: Jauh dari namanya. Kita diajarin tentang medis. Motivasi untuk makan dan pola hidup sehat bisa diambil dari matkul ini. Gada olahraganya sama sekali --a.
  16. Studi Komparatif Budaya: Ya meskipun ganyambung samasekali dengan perkuliahan gua, disini anak2 bisa mengenal budaya dan sejarah Jepang. Dosennya lucu banget, asli lawakan New York.

Ohiya gua buka-bukaan aja nih, gua dapet GPA (IP) 2.61 bros! Apa aja kiat2 faktor2nya? Motivasi sih. Gua kayak kehilangan arah pas gua sampe ke Jepang. Homesick kata orang. Yap, i missed my lovely family, my friends, and my comfy Indonesia. Everything here in Japan is soo different. Itu selalu terlintas di benak gua. Gua bahkan sering banget stay the night cuma buat texting, chat ato mention2an sama temen2 lama gua. Tapi itulah adaptasi, GPA bukan segalanya kok, gitu sih kata mahasiswa2 jepang.
Dan secara akademik matkul yang gua ambil terlalu banyak dan berat. Tapi tak apalah, bersusah2 dahulu bersenang2 kemudian.
Semoga bisa dijadiin pelajaran dan inspirasi buat semuanya. Aaamiin.

"I'm not gonna run away and I won't go back on my words"
I've decided to go here and I will succeed, inshallah.

4 comments:

Dek Dhani said...

wuih
semangatsemangat faan ! :)

aisyikamilah said...

sekali semester ngambilnya banyak banget pan?

adidharmamoza said...

tulisan lainnya doong? Hehe

Unknown said...

iya mbak, emg sangar.
tulisannya pgn fokus ke koran bang ^^