2012/12/12

Dari Nyamuk


Mari kita belajar dari nyamuk


“Tiada sesuatu pun yang diciptakan oleh-Nya dengan sia-sia” à #sebenernya gatau ayat Al-Qur’an nya

Ya mungkin kita selalu mendesah, eh menggerutu, eh bukan juga sih, kesel dah pokoknya kalo berhadapan dengan makhluk yang satu ini. #itu pikiran lu doang kali. Oke intinya, hampir semua orang, stereotip (biar keren dikit diksi nya) manusia pada umumnya membenci ‘little demon’ ini. Ya, kecil-kecil cabe rawit. Pun ukurannya yang demikian kecil, tidak sebanding dengan rasa gatel yang ditimbulkannya. Menohok. Ya iyalah, toh mulutnya aja mulut penusuk sekaligus penghisap (maap ya bu guru biologi gua kalo salah), malahan bisa buat ngeludah lagi #iyalah namanya juga mulut, ble’e banget sih lu.

Iya pokoknya si nyamuk ini kan sangaat merugikan kita semua, mengancam keberlangsungan hidup umat manusia dengan berbagai dampak yang ditimbulkan oleh gigitannya #lebe. Sebut saja gatel-gatel, bentol-bentol, berdarah-darah, ampe demam berdarah.  Tapi kalo dipikir-pikir, menilik kutipan firman ALLAH SWT di atas, rasanya kok gak sesuai ya sama perangai nyamuk. Tapi kan gak mungkin firman ALLAH SWT salah? Ayo puter otak puter otak puter puter otak otak #oke yg ini jayus bgt

Jika kita berpikir akibat yang ditimbulkan oleh nyamuk ini memang tidak ada habisnya. Apalagi jika disangkutpautkan dengan kasus kematian akibat kasus penyakit DBD maupun Malaria yang acapkali kita dengar. Beuh, ga ada matinya dah nyamuk ngeksis banget dari jaman dulu emang, ya lewat dua penyakit itu. Nah makanya manusia sebagai makhluk yang diberi karunia oleh ALLAH SWT kemudian berpikir keras, bagaimana cara mereduksi bahkan meng-eksterminasi jumlah kasus kematian akibat penyakit yang dimotori oleh nyamuk.

As time passed by, muncullah pabrik obat anti-nyamuk. Warning besar buat para nyamuk. Tentu kita masih inget, kita suka ngelipet-lipet kertas buat alas naro obat anti-nyamuk. Itu loh yang warna ijo muter-muter, trus ujungnya dibakar biar ngeluarin asep itu tuh, yang asep nya bikin nyamuk teler bahkan K.O seketika. Nah kayaknya waktu itu bener-bener era kejayaan kita, nyamuk di rumah pada kabur, takut sama asep beracun itu. Bla bla bla bla... Tiba-tiba berbagai breakthrough teknologi pembasmian nyamuk ditemukan. Hadirlah semprotan #aerosol anti-nyamuk dan juga lotion anti-nyamuk ke pasar, disusul dengan ‘matt’ #apasih namanya, obat anti-nyamuk yang tinggal dicolok ke stop kontak itu. Ya pokoknya ALHAMDULILLAH banget deh, berbagai alternatif obat anti-nyamuk sudah tersedia, tergantung kita mau pake yang mana.
Yaudah, sekarang kita mungkin udah enak bisa leha leha di kasur sebelum tidur (maap bagi yang belom bisa), ga usah worry lagi sama nyamuk. Tapi tunggu dulu, masa kita belum nemuin manfaat dari nyamuk sih? #sebenernya udah nemu tau, lu aja yang tellme banget mir.... Iya jadi kan tadi kita udah bahas tentang obat-obat anti nyamuk tuh. Ooowh, that’s the point guys! Obat anti-nyamuk! #jadi inget iklan di tv. Iya iya obat anti-nyamuk. Obat itu kan diproduksi oleh pabrik-pabrik maupun korporasi yang lumayanlah terkemuka. Naahh di pabrik-pabrik itu juga kan tentunya orang-orang banyak yang kerja buat bikin obat anti-nyamuk itu.  Nahh berarti banyak orang yang pendapatannya berasal dari pembuatan obat anti-nyamuk kan. Berarti banyak orang yang ‘tergantung’ hidupnya pada penjualan obat anti-nyamuk itu kan. Wait wait.... Jangan bilang, secara gak langsung, banyak orang yang hidup nya ‘bergantung’ ama nyamuk.

SUBHANALLAH. Memang benar apa yang difirmankan oleh ALLAH SWT #iyalah mir. Iya mungkin kita sebagai stereotip orang yang merasa dirugikan oleh nyamuk bakalan mikir para nyamuk itu ga ada gunanya. Bahkan bisa jadi terlintas di pikiran kita, “Buat apa sih ALLAH SWT nyiptain nyamuk? Kayaknya gak guna banget deh,” ASTAGHFIRULLAH, segeralah minta ampun pada ALLAH Sang Maha Pencipta. Sekarang kita udah tau bahwa nyamuk yang suka bikin naek pitam itu ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, meskipun tidak secara keseluruhan. Ya kan semuanya diciptakan oleh ALLAH SWT dengan plus minus nya masing-masing. ALLAHU AKBAR!

“Tiada sesuatu pun yang diciptakan oleh-Nya dengan sia-sia”
Marilah kita merenungkan firman ALLAH SWT tersebut kembali dengan cermat...................

No comments: